Friday 17 September 2010

Cirrhopetalum brienianum Rolfe 1893

Cirrhopetalum brienianum
Section: Cirrhopetalum
Synonyms: Bulbophyllum adenophorum [Schlechter]J.J.Sm. 1912; Bulbophyllum brienianum [Rolfe] J.J.Sm. 1912; Bulbophyllum brunnescens [Ridley] J.J.Sm. 1912; Bulbophyllum makoyanum var brienianum [Rolfe] Ridley 1907; Cirrhopetalum adenophorum Schlechter 1906; *Cirrhopetalum brienianum Rolfe 1893; Cirrhopetalum brunnescens Ridley 1896; Cirrhopetalum makoyanum var brienianum [Rolfe] Ridley 1896
Found in Borneo, Malaysia, Sumatra and the Philippines
Pale green pseudobulbs.
Flower stalk 20 cm long, with 7 flowers, 3 cm broad, pale yellow or cream, tubular shape and never be properly open. But peoples who saw it in the first time will think that it still be properly open later, just like other cirrhopetalum species.
The picture above is Cirr. brienianum that I found in Central Kalimantan province, in the lowland to hills forest at elevation from sea level to 200 meters, attached to the mossy tree trunks. In the same habitat of Cirr. flabelum-vernis or sometimes with Cirr. puguahaanense.

Indonesia:
Ditemukan di Kalimantan, Malaysia, Sumatra dan Filipina.
Umbi semu berwarna hijau pucat.
Tangkai bunga sepanjang 20 cm dengan 7 bunga, selebar 3 cm, berwarna kuning pucat atau krem, berbentuk seperti tabung dan tidak akan membuka secara sempurna. Tetapi banyak orang yang pertama kali melihatnya akan salah mengira bahwa itu belum mekar dan masih bisa membuka dengan sempurna layaknya spesies cirrhopetalum lainnya.
Gambar diatas adalah Cirr. brienianum yang saya temukan di Provinsi Kalimantan Tengah, di hutan dataran rendah hingga hutan berbukit pada ketinggian hingga mencapai 200 meter diatas permukaan laut, menempel pada batang pohon berlumut. Pada habitat yang sama dengan Cirr. flabelum-vernis atau kadang-kadang dengan Cirr. puguahaanense.

2 comments:

  1. Blog yang menarik, apalagi diskripsinya pake dua bahasa..! senang bisa berkunjung kesini... oh ya bulan november ini rencananya akan ada Meratus Orchids Show di Banjarmasin.. yang di selenggarakan oleh Perhimpunan Anggrek Indonesia Kalsel... datang ya !

    Salam kenal dari saya !
    (Indonesian Native Orchids Society)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih dan salam kenal untuk mas M. Jumani juga.
    Sengaja saya buat 2 bahasa soalnya klo pake terjemahan eng-in suka masih agak kacau kalimatnya.
    Iya, saya juga sudah di beri kabar soal pameran dan lomba pada bulan november dari PAI kalsel. Jika ada waktu dan kesempatan saya pasti hadir.

    ReplyDelete